Minggu, 15 Januari 2017

Cara Membersihkan Kepiting sebelum di masak

Baik, kini saatnya kita menyimak bersama bagaimana cara mudah membersihkan cangkang dan daging kepiting sebelum diolah menjadi masakan yang nikmat dan lezat. Simak terus ulasan kami hingga selesai ya!
Langkah membersihkan kepiting yang pertama – Pastikan kepiting yang Anda beli adalah kepiting yang masih segar. Cara paling mudah untuk mendapatkan kepiting yang masih segar adalah dengan membeli kepiting yang masih hidup. Namun jika ternyata tidak ada kepiting yang masih hidup, Anda dapat mengecek apakah kepiting itu masih segar atau tidak yaitu dengan melihat warna insangnya. Coba ambil kepiting tersebut dan cek bagian insang kepiting yang masih segar haruslah berwarna merah. Anda dapat pula mengeceknya daru baunya yang belum busuk serta matanya yang jernih.

Langkah membersihkan kepiting yang kedua – Jika Anda mendapatkan kepiting yang masih hidup, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum membersihkan kepiting yaitu membunuh kepiting terlebih dahulu. Yang perlu Anda perhatikan jika membeli kepiting hidup, pastikan capit kepiting dalam keadaan terikat kuat. Karena jika tidak, kepiting dapat menyerang Anda dan melukai Anda. Nah, ada beberapa cara untuk membunuh kepiting dengan mudah. Yang pertama ialah dengan langsung merebusnya hidup-hidup atau memasukannya langsung ke dalam air mendidih. Dan cara yang lain ialah dengan membalik badan kepiting, lalu tusuk dan belah bagian segitiga hingga kepiting mati.



Langkah membersihkan kepiting yang ketiga – Setelah kepiting mati, langkah selanjutnya ialah membersihkan bagian dalam tubuh kepiting. Membersihkan kepiting dapat dimulai dari membersihkan bagian saluran pembuangan kepiting yang letaknya tepat pada bagian segitiga yang tadi Anda tusuk. Belah dan congkelah bagian tersebut dengan pisau lalu segera bersihkan. Biasanya pada bagian saluran pembuangan ini banyak terdapat pasir dan kotoran yang apabila termakan beresiko menimbulkan keracunan. Bersihkan pula bagian dalamnya, yaitu bagian usus kepiting yag bentuknya seperti benang hitam dan menghubungkan antara lambung dengan pusar kepiting. Buang juga bagian hati kepiting yang bentuknya menyerupai papan segi enam.

baca juga :

 
Langkah membersihkan kepiting yang keempat – Pada langkah sebelumnya Anda sudah membelah bagian segitiga pada perut kepiting. Sekarang letakan kepiting secara vertikal, lalu tariklah cangkangnya ke atas dan kebawah agar kepiting terbelah menjadi 2 bagian. Buang insang kepiting yang biasanya ada pada cangkang bawah. Lalu bersihkan baik bagian atas cangkan kepiting maupun bagian bawahnya agar kepiting benar-benar bersih. Setelah bersih, kepiting siap untuk diolah dan dimasak. Selamat memasak kepiting ya!
Nah, itulah tadi beberapa langkah tentang Cara Membersihkan Kepiting Dengan Mudah Sebelum Dimasak. Semoga ulasan diatas dapat menolong Anda yang ingin mengolah kepiting sendiri namun merasa repot untuk membersihkan bagian-bagian tubuh kepiting sebelum diolah. Dapat kita lihat bersama, bahwa cara membersihkan kepiting sebenarnya cukup mudah dan tidak begitu merepotkan. Yah, hampir sama saat Anda hendak mengolah ikan maupun sayuran. Semuanya tentu harus dibersihkan terlebih dahulu hingga benar-benar bersih agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Jadi, tentu kalian sudah tidak malas lagi untuk membeli kepiting sendiri lalu membersihkan dan memasaknya sendiri kan? Yuk, ciptakan budaya suka makan kepiting karena memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kita dan anak-anak
 
 


0 komentar:

Posting Komentar